Mari Belajar Bahasa Swedia #1

Sesuai request dari Bapak Risan untuk membagi ilmu berbahasa Swedia (padahal masih cetek juga) maka aku akan mencoba membuat serangkaian tulisan mengenai pelajaran Bahasa Swedia yang aku dapat selama di sini. Selamat menikmati! *loh

 

Vad heter du?

Siapa namamu?

 

Jag heter Alicia.

Nama saya Alicia

 

Var bor du?

Di mana kamu tinggal?

 

Jag bor  [po] Emmylundsvägen 1

Saya tinggal di Emmylundsvägen 1

 

Jag bor i Stockholm.

Saya tinggal di Stockholm

 

Jag bor i Sverige [Svariye].

Saya tinggal di Swedia

 

 

Var har du för [feur] address?

Di mana alamatmu?

 

Min address är Emmylundsvägen 1 [e Emmylundsvegen ett].

Alamat saya adalah Emmylundsvägen 1

 

*Harap diperhatikan bahwa penggunaan preposisi på dan i yang berbeda. På biasa digunakan untuk menunjukkan jalan, tetapi kalau kota dan negara biasanya menggunakan i.*

 

Varifrån [varifron] kommer du?

Dari mana kamu berasal?

 

Jag kommer från Indonesien.

Saya berasal dari Indonesia.

 

Jag kommer också [okso] från Indonesien.

Saya juga berasal dari Indonesia.

 

Vad talar du för språk [feur sprok]?

Bahasa apa yang kamu bisa?

 

Jag talar språk indonesiska och [o] engelska. 

Saya bisa (berbicara) Bahasa Indonesia dan Inggris.

 

*Kalau di sini cuma nama negara aja yang ditulis dalam huruf kapital. Kalau kebangsaan dan bahasa ditulisnya pake huruf kecil (okeh aku lupa bahasa bagusnya huruf kecil apaan. hehehe)*

 

Jag har en bil. Den är röd [de e reud].

Saya memiliki sebuah mobil. Warnanya merah.

 

Jag har en pojke [poyke]. Han heter Adam.

Saya memiliki anak laki-laki. Namanya Adam.

 

Jag har en flicka. Han heter Eva. 

Saya memiliki anak perempuan. Namanya Eva.

 

Varifrån kommer din familj [famili]?

Dari mana keluargamu berasal?

 

Den kommer från / Min familj kommer från Indonesien.

Mereka berasal / Keluarga saya berasal dari Indonesia

 

Har du några [nogra] syskon?

Apakah kamu memiliki saudara? 

 

Ja, jag har 2 syskon. Jag har en bror och en syster. 

Ya, saya memiliki 2 saudara. Saya memiliki seorang saudara laki-laki dan seorang saudara perempuan.

 

Hur gamla är de?

Berapa umurnya?

 

En bror är 13 och en syster är 19.

Saudara laki-laki (saya) berumur 13 (tahun) dan saudara perempuan (saya) berumur 19 (tahun).

 

Har du några djur?

Apakah kamu punya hewan peliharaan?

 

Nej, det har jag inte.

Tidak, saya tidak punya.

 

Ja, jag har en katt/hund/fågel.

Ya, saya memiliki seekor kucing/anjing/burung.

 

Är du gift?

Apakah kamu sudah menikah?

 

Nej, det är jag inte.

Tidak, saya belum.

 

Har du några hobbys?

Apakah kamu memiliki hobi?

 

Ja, jag spelar fotboll / gå på bio / resar mycket.

Ya, saya (suka) bermain bola / pergi ke bioskop / berjalan-jalan.

 

Ja, jag tycker om att gå på bio / på diskotek / på operan / på fotboll / på museum.

Ya, saya suka pergi ke bioskop / ke diskotek / ke opera / (bermain) bola / ke museum.

 

Vad tycker du om?

Apa yang kamu sukai?

 

Jag tycker om cyckla. 

Saya suka bersepeda.

 

Jag tycker om pizza.

Saya suka pizza.

 

Begitulah kira2 pelajaran hari pertama! 😀 

Leave a Reply

