Perkedel Kentang Ala Ala

Semenjak tinggal di Swedia, aku jadi jarang makan nasi (mungkin udah pada tau). Fakta menyedihkan ini didukung oleh kenyataan bahwa harga beras di sini mahal, dan aku ga punya rice cooker dan ga pede buat bikin nasi liwet (masak nasi di kompor). Daripada gagal, mending masak kentang sajalah! Murah meriah! Ga murah juga sih. Sekilonya bisa 15000… heuuu

Di rumah ada kentang sisa ga kemasak dari seminggu yang lalu. Biasanya sih tu kentang dibikin wedges, tapi lagi bosen, jadilah iseng2 nyoba bikin perkedel kentang. Tapi ya namanya juga amatir, ga berani goreng-goreng di sini karena sayang minyak akhirnya nyoba bikin perkedel kentang tapi dipanggang. Nyari resepnya duh pada ribet dan kurang bahannya. Yaudahlah, improvisasi saja! Berikut resepnya:

Bahan-bahan:

  • Kentang 5 biji
  • Bawang putih 3 siung, cincang
  • Jamur kancing 3 biji, cincang
  • Keju mozarella parut
  • Garam 1 sendok teh
  • Merica secukupnya
  • Telur 1 butir
  • Margarin

Cara membuat:

  1. Cuci kentang, kupas, cuci lagi, potong-potong biar ngerebusnya gampang
  2. Didihkan air, masukkan kentang, rebus sampai empuk
  3. Kalo udah empuk, lumatkan, lalu campur dengan bawang putih, jamur, keju, merica dan garam
  4. Panaskan oven hingga 175 derajat celcius dengan api bawah (ini kata resepnya sih gitu. gatau mungkin kalo pake settingan api lain bakal lebih bagus hasilnya).
  5. Olesi loyang dengan margarin (kata resepnya sih gitu, cuma kayanya ga guna juga soalnya aku pake loyang anti lengket. hahahahaha 😀
  6. Kocok lepas telur
  7. Bulatkan adonan lalu masukkan ke dalam telur hingga seluruh permukaannya terlapisi. Tata dalam loyang
  8. Panggang selama 15 menit, balik, lalu panggang lagi selama 15 menit.

Berikut hasilnya:

Perkedel kentang ala ala :P

Perkedel kentang ala ala 😛

Harus diakui, penampilannya memang agak kurang meyakinkan dan jauuuuuuuuuuuuuuuh banget dari perkedel yang biasa kita makan. Tapi percayalah, hasilnya tetep enak, kok! 😛 Selamat mencoba! (kalau berani 😛 )

Advertisements

2 thoughts on “Perkedel Kentang Ala Ala

    • hahahaha.. coba aja bikin mi, aku c lebih suka digoreng sebenernya :3 tapi semenjak di sini hampir ga pernah goreng2 lagi karena ga punya wajan. hehehehe. wah. mainan apaan tuh? :O

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s