Video
0

And The Band Played On

Kemarin pas sesi pagi kuliah, bukannya diisi kuliah seperti biasa kita malah nonton film. Yeeeay….! Judul filmnya ‘And The Band Played On’ tapi filmnya bukan tentang musik, malah ga ada musik-musiknya sama sekali (yaeyalah orang lagi kuliah kesehatan… -__-) melainkan tentang masa-masa awal munculnya (wabah) AIDS.

Sebelumnya aku ga pernah nyangka, atau bahkan kepikiran kalau masa-masa awal munculnya wabah penyakit, atau apa pun masalah kesehatan itu merupakan masa-masa yang sangat suram. Selama ini kan kalau kita denger tentang AIDS, ya taulah seengganya apa penyebabnya, gimana cara penularannya, cara pencegahannya, langkah penanggulangannya, dst dsb. Tapi waktu penyakit ini baru muncul, orang-orang ga ada yang tau tentang itu semua. Ga ada yang tau ini penyakit penyebabnya apa, sumbernya dari mana, gimana cara menghentikannya. Pokoknya suram banget deh. Dan selama ini aku ngerasa I took it all for granted karena semua informasi itu sekarang ada di hadapanku dan bisa ku akses dengan mudah. Tapi dulu?

Butuh perjuangan ekstra keras dari banyak pihak sampe akhirnya hari ini kita bisa dengan mudah tau semua seluk-beluk penyakit tersebut. Di film itu diceritain orang-orang CDC dan public health authority harus bekerja keras siang dan malam berusaha mencari tau ini sebenernya penyakit apa, sumbernnya dari mana, gimana menghentikannya. Bahkan seringkali mereka berhadapan dengan berbagai komunitas yang menentang langkah-langkah antisipasi penyebaran penyakit tersebut, mulai dari buat nutup bath house lah, buat ngelakuin tes darah buat darah transfusi lah, sampe masalah lainnya semisal ga ada dana buat melakukan studi (bisa gitu juga ya. kirain mereka banyak duitnya…heuu)

Ya intinya nonton film ini bikin aku jadi tambah menghargai kerja keras para ahli kesehatan masyarakat lah. Please do not take it for granted. Mudah-mudahan aku juga bisa berkontribusi nyata seperti para ahli kesehatan yang digambarkan di film yang ku tonton kemarin itu…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s