Creamy Salmon Pasta with Garlic

Waktu jalan-jalan ke Tallinn minggu lalu, aku dan temen-temenku makan siang di suatu cafe random gitu. Waktu itu aku mesen garlic salmon pasta dan ternyata itu wuenak bhuanget dan terus kebayang-bayang sampe beberapa hari setelahnya. Untungnya di minggu berikutnya salmon lagi diskon di supermarket langganan (ibu-ibu banget yak?), akhirnya nyoba bikin deh! Resepnya dimodifikasi dari sini, tapi kalo buat salmonnya aku ngikutin cara di sini. Emang ga 100% kaya bayangan sih, tapi yang penting ada salmon, ada garlic, sama ada pastanya. Huehuehuehuehue

Creamy Salmon Pasta with Garlic

Bahan-bahan:

  • 375 gr salmon (aku pake yang frozen soalnya murah :P)
  • air jeruk nipis
  • garam
  • lada hitam
  • minyak zaitun
  • pasta
  • 2-4 siung bawang putih, cincang
  • 1 sdm mentega
  • 10 ml tepung terigu
  • 250 ml double cream
  • keju parut (macam parmigiano) secukupnya
  • pesto (jika suka)

Cara membuat:

  1. Panaskan oven (api atas bawah) hingga mencapai suhu 230 derajat celcius.
  2. Jika menggunakan salmon beku, defrost selama 5 menit, kemudian marinade dengan air jeruk nipis
  3. Alasi loyang dengan aluminium foil
  4. Lumuri salmon dengan minyak zaitun, taburi dengan garam, lada hitam, dan bawang putih.
  5. Panggang salmon selama 8 menit (bergantung pada ketebalan salmon: untuk 1 inci, lama waktu panggang sekitar 8 menit)
  6. Rebus air untuk pasta, masukkan sekitar 2 sendok teh garam, tunggu hingga mendidih
  7. Masukkan pasta, masak sesuai waktu yang disarankan (untuk spaghetti biasa sekitar 8 menit)
  8. Tiriskan, berikan sedikit minyak zaitun agar tidak lengket
  9. Di panci yang sama, lelehkan 2 sdm mentega
  10. Tumis bawang putih hingga harum
  11. Masukkan terigu, aduk rata selama 1 menit
  12. Masukkan krim, didihkan
  13. Tambahkan keju secukupnya
  14. Kecilkan api, masukkan pasta, aduk rata. Tambahkan garam/krim/air bila perlu.
  15. Sajikan bersama pesto dan salmon

Untuk 3 porsi

Beginilah kira-kira hasilnya: (kalau kurang meyakinkan harap maklum, tapi percayalah, tidak akan ada masakan yang pernah salah dengan salmon :P)

Creamy salmon pasta with garlic

Selamat mencoba! 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s