Tulisan untuk Adik-Adikku di Biostatistik FKM UI (1) – Awal Mula

Sebenernya udah dari beberapa minggu yang lalu aku dikontak sama Pak Pandu, pembimbing akademik aku di FKM UI buat nulisin pengalaman aku dari awalnya belajar di FKM UI, ambil peminatan biostatistik, sampe sekarang kuliah di Karolinska Institutet, Swedia.

“Biar yang muda-muda bisa semangat mengikuti jejak Alice,” katanya.

Wakwawwwww…. ^^’ Siapalah diriku ini. Kuliah juga belum lulus, ga punya posisi apa-apa. Tapi beliau meyakinkan aku kalau kita semua akan terus berproses. Maka baiklah, untuk adik-adikku mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia di mana pun kalian berada (berasa penyiar radio), tulisan ini untuk kalian.

Awal Mula

Aku pertama tau tentang FKM sebenernya dari temen masa kecil aku – secara ga langsung. Waktu galau-galaunya milih jurusan kuliah, tiba-tiba aku inget kalau orang tuaku pernah cerita kalau temenku ini sekarang kuliah di FKM. Weks.. apaan tuh FKM? Cari cari cari info di internet, eh nemu situsnya. Trus liat jurusan-jurusannya kok menarik ya? Ah coba ah daftar. Kebetulan waktu tahun aku masuk (2008 – iyah, aku sudah tua 😛 ) ada seleksi namanya Ujian Masuk Bersama (UMB) di mana kita bisa milih 2 jurusan dari 5 universitas yang berpartisipasi di UMB itu, termasuk UI. Ga disangka ga dinyana eh keterima. Alhamdulillah, akhirnya sejak bulan Juli 2008, aku resmi jadi mahasiswa FKM UI (bangga….). 😀

Mahasiswa baru FKM UI yang tertindas

Pilah-Pilih Peminatan

Di zaman itu (berasa tua), kita udah bisa milih peminatan di semester ke-3. Dari awal ada 3 peminatan yang pengen banget aku masukin: biostatistik, informatika kesehatan, sama kesehatan lingkungan. Aku inget banget ada satu kakak kelas yang selalu bilang,”Biostatistik itu kan cuma tools…” Yaelah bro, kalo cuma tools trus kenapa? Kan malah bagus jadi bisa ke mana-mana ^^’ Di masa-masa kritis itu, FKM rame banget deh ada segala rupa pengenalan jurusan, mulai dari presentasi oleh ketua departemennya sampe presentasi oleh kakak kelas (duh apa sih istilahnya?). Inget banget waktu itu aku sama beberapa temenku saking galaunya sampe main ke Dept. Bios ketemu kadepnya (waktu itu masih Bu Dinihalo, Ibu, apa kabar? Hehehe…), nanya-nanya tentang peminatan-peminatan di Dept. Bios. Baek bener lagi sama Bu Dini diladenin aja kita. Padahal kenal juga belom. Hueheuheuheuhe. Makasih ya, Bu…

Setelah menimbang-nimbang dan berpikir-pikir, akhirnya aku mantap mengambil peminatan biostatistik. Kenapa? Sebenernya lebih karena waktu itu aku bisa dibilang tertarik sama semua bidang di kesehatan masyarakat sih. Terus daripada milih satu bidang trus akhirnya aku kecewa karena ga suka di tengah jalan, ya mending aku milih satu bidang yang bisa masuk ke semuanya lah. Berangkat dari pemikiran seperti itu, aku merasa biostatistik lah bidang yang sesuai dengan visi misiku. Jadi… mari kita belajar biostatistik! 😀

Masa-Masa Kuliah Biostatistik di FKM UI

Biostatistik 2008! ❤

Di angkatan aku yang masuk Dept. Bios ada 23 orang, cewek semua (girl power :P). Peminatan biostatistik paling sedikit orangnya, cuma 6 orang XD Sisanya tersebar di informatika kesehatan sama manajemen informasi kesehatan. Karena orangnya sedikit, aku pribadi ngerasa enak sih belajarnya (kaya yang suka belajar aja 😛 ) Hehehehe… Tapi ngga juga sih, soalnya kadang ada mata kuliah yang kelasnya dicampur sama peminatan lain gitu.

Beberapa mata kuliah yang berkesan:

  1. Matematika 2

Gatau emang bawaan lahir suka matematika kali ya jadi seneng aja belajar ini. Padahal waktu itu di semester 3 ambil SKS-nya sampe 24 dan matkul ini termasuk yang paling sore belajarnya.

  1. Analisis Data Multivariabel

Pertama kalinya ketemu Pak Pandu sama Pak Farid di matkul ini nih kalo ga salah. Sejujurnya ini matkul di awal-awal sempet bikin aku frustrasi, soalnya susaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhh!!!

Ngga deng, ga susah. Kayanya sih waktu itu ada gap gitu antara matkul sebelumnya sama matkul yang ini jadi otakku ga nyampe buat mencerna kuliahnya. Hahahaha XD Tapi alhamdulillah akhirnya bisa ngikutin dan mata kuliah ini termasuk yang paling dipake ilmunya sampe kuliah S2 sekarang 🙂

  1. Teori dan Praktek Pengumpulan Data

Berkesan soalnya kita sampe turun lapangan ngetokin rumah orang nyari responden. Ditolak? Oh itu biasa…. :))))))) *padahal trauma juga dengan penolakan *tapi sekalinya dapet responden senengnya minta ampun

  1. Standardisasi Terminologi Kesehatan

Pertama kalinya belajar pake kitab International Classification of Diseases-10 (ICD-10). Sukaaaaa ❤ Hehehehe. (Aneh ga sih suka sama ICD-10? XD ) Tiap mau kuliah biasanya ada kawan-kawan yang bersukarela bawain kitab ICD-10 yang setebel-tebel alaihim (padahal sekarang udah ada yang online nya juga. Heheheheu). Kepake banget waktu magang di Kemenkes 🙂

  1. Penggunaan Data untuk Kebijakan Kesehatan

Ketemu lagi sama Pak Pandu. Kenapa berkesan? Soalnya ini pertama kalinya aku ”ketemu” sama Professor Hans Rosling dari Karolinska Institutet, Swedia. Jadi waktu itu Pak Pandu muterin video dari GapMinder gitu. Itu asli sampe sekarang aku masih kepikiran, ”Edan kok bisa ya orang bikin statistik jadi fun kaya gitu??” Kalau ada anak biostatistik yang belum nonton, WAJIB NONTON! (lebay) Hehehehehe… Itu ada banyak sih videonya, jadi coba aja yang mana yang kira-kira menarik topiknya. Trus bisa juga coba mainin bubble chart nya 😀 Siapa sangka beberapa tahun kemudian aku bisa ketemu langsung sama beliau dan jadi mahasiswanya? 😉

Sebenernya masih banyak mata kuliah dan hal-hal yang berkesan selama masa-masa menuntut ilmu di FKM UI, khususnya di Dept. Biostatistik, tapi ntar jadi kepanjangan kalau ditulis semua sekarang. Jadi… nantikan tulisan berikutnya ya! 😉

Stockholm, April 2015 ❤

Alicia

Advertisements

18 thoughts on “Tulisan untuk Adik-Adikku di Biostatistik FKM UI (1) – Awal Mula

  1. Aliceeeee…. ih seru banget bisa ketemu sama orangnya langsung. Umi jg suka bios gegara presentasinya yg kece badai. Jd angka2 disajiin tanpa buat kita tertidur pulas *lebay*,, walaupun belajar bios tetep butuh perjuangan memahami jenis analisis dan softwarenya.. makasiii atas tulisannya alice..

    Liked by 1 person

  2. Pingback: Tulisan untuk Adik-Adikku di Biostatistik FKM UI (2) – Tentang Perjuangan Menuju Kelulusan | 10,000 km Away from Home

  3. Halo kak, aku juga anak FKM angkatan 2014 nih hehe jauh bgt ya dari kakak. Setelah baca tulisan kakak aku udh mantep jg nih masuk biostat! 👍 makasih ya kak. Semoga bisa sukses seperti kakak! 😊

    Like

  4. Halo @anevriana. Boleh minta kontak km ga email atau apa aja.. aku berniat utk melanjutkan s2 di fkm peminatan biostatistik mau tabya2 hehe terima kasih

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s