Tentang Pemilu di Swedia

Gara-gara liat postingannya Mbak Tey tentang pemilu di Chicago, aku jadi terinspirasi buat posting tentang pemilu di Swedia xD

Taun ini emang pertama kalinya aku pemilu di luar negeri (jadi harap maklum kalo rada norak 😛 ).

Kayanya rangkaian acara pemilu ini diawali dari update data pemilih ya, dan ini udah cukup lama kayanya dari taun kemarin (kalo ga salah inget). Saking excited-nya, aku emang udah mastiin kalo namaku & suami terdaftar dari awal. Dan saking semangatnya juga, aku udah bertekad bakal dateng langsung ke TPS pas pemilu (ga lewat pos). Lha wong TPS nya juga di Stockholm xD

Beberapa hari sebelum hari H, baru lah ku mulai mikir2, milih siapa yak? Hahahahahaha #telat. Sejujurnya ku merasa bersyukur sih ga berada di pusaran hingar-bingar drama perpolitikan di tanah air #eh. Kayanya pusing aja kalo dijejelin segala informasi yang saling bertolak-belakang (baca: saling ngejelek-jelekin satu sama lain). Jadinya ku buka-buka lah situs macem jariungu.com. Berhubung pemilih di luar negeri cuma milih caleg DPR dari wilayah DKI 2 (dan presiden) mestinya ga susah ya nentuin kandidat. Cuma kok ya rada sedih pas nge-filter kandidat sesuai kriteriaku, dari sekian banyak caleg, yang muncul cuma 2 nama ^^’

Terus meskipun ku baru tau setelah nyoblos, ku juga senang dengan adanya situs macem pilahpilihpilpres yang bisa sedikit memberi panduan arah kebijakan kandidat mana yang cocok dengan kita. (Jadi ga buta-buta banget). Kalo pas pemilu di Swedia, itu biasanya beberapa media massa punya ‘kuis’ valkompass alias kompas pemilu. Jadi kita bisa liat nih, partai mana yang kebijakannya bakal cocok sama pandangan kita terhadap isu tertentu.

Eniwei.

Pas hari H, kita dateng sekitar jam 10-an dan itu udah lumayan rame. Berhubung kita ga dateng pas sosialisasi terakhir, jadi kita belum punya formulir C6 (undangan buat milih). Jadilah kita mesti ngantri dulu buat ambil formulirnya (dikasih nomor buat ke helpdesk). Pas di helpdesk, kita nunjukin paspor, cek data diri, terus dikasih deh formulirnya. Abis itu baru deh ambil nomor antrian buat nyoblos. Btw, kenapa ya kita balik lagi ke sistem pencoblosan dan bukann pencontrengan? #penting xD

Pas nomor antrian pencobolosan kita dipanggil, kita dateng ke meja panitianya (penting). Ini ruangannya terpisah dari ruang tunggu helpdesknya, btw dan ga boleh ambil foto di sini. Terus kita mesti nunjukin tangan buat dicek kukunya tangannya bersih apa ngga, udah cuci tangan apa belum udah nyoblos apa belum. Terus kita kasih formulir C6 nya, terus nama kita dicoret dari daftar hadir (?) Abis itu kita mesti naro jaket, tas, HP di kotak yang telah disediakan, terus kita dikasih 2 surat suara dan kita diminta ngecek surat suara kita rusak apa ngga. Kalo udah, kita nyoblos deh di bilik yang tersedia! Biliknya ada 2 btw, terus didekor pake kain batik warna-warni gitu, bagus deh #loh ^^’

Pas udah selese nyoblos, surat suaranya dimasukin ke kotak yang tersedia. Ga usah khawatir bakal ketuker soalnya ada panitia yang memandu juga. Hehehehe. Abis itu baru deh celup tinta dan ambil nasi box! Tuntas sudah kewajibanku hari itu (lebay).

Ini kadang aku suka mikir apa cuma aku ya yang semangat kalo ada pemilu. Maksudnya ya orang bebas kan mau pake hak pilihnya apa ngga. Cuma kadang aku mikir, ya alhamdulillah ku jadi bagian dari Indonesia yang negaranya demokratis, ngasih kita kesempatan untuk bersuara. Iya sih, mungkin sistemnya ga sempurna, pemerintahnya ga sempurna. Tapi ga kebayang gimana rasanya kalo ku ga pernah punya kesempatan untuk bersuara dari awal.

Jadi demikianlah sedikit cerita dari Swedia 😀

Sudah dapat formulir C6!

Ketemu temen2 SMA di Swedia ❤ yang satu sekalian liputan 😛

Video hasil liputan temen sayah tentang pemilu di Swedia:

2 thoughts on “Tentang Pemilu di Swedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s